Posted by : Unknown Kamis, 27 Februari 2014

“Kunci perubahan Indonesia ada pada manusianya semua orang harus ikut terlibat dan bekerjasama”  -Anies Baswedan-



“Pada mulanya adalah fisik. Seterusnya adalah Budi. Raga menantikan pandanganmu. Jiwa membangun simpatimu. Badan mengeluarkan gelombang magnetiknya. Jiwa meniupkan kebajikannya” –Anis Matta-



Kawan apakah kalian tahu kenapa pada awalnya saya memaparkan suatu quote menarik dari dua orang yang belakangan ini  sedang banyak dibicarakan orang-orang karena mendekati Pemilu 2014 dengan Pak Anies Baswedan sebagai salah satu tokoh pendidikan yang akan terjun menuju kursi RI-1 melalui kedaraan yang bernama konvrensi partai demokrat. Dan paka Anis Matta yang kita ketahui bersama adalah seorang Presiden Partai yang belakangan ini begitu populer dengan ulah kadernya ataupun karena faktor lain ya itu adalah PKS dan beliau juga menjadi bakal calon RI-1 dari pemira di partai. Persamaan keduanya adalah sama-sama belum tentu lolos menjadi kandidat RI-1 dari partainya karena masih sebagai balon (red: bakal calon) dan yang paling mencolok adalah keduanya adalah salah satu tokoh pemuda yang sudah terjuan langsung di dunia yang menentukan nasib bangsa ini.

Saat hampir seluruh calon RI-1 berumur lebih dari 50 tahunan mereka hadir menjadi kaum muda yang berenergi menggunakan ide segarnya untuk membuat negeri ini mempunyai banyak pilihan dan BERANI membongkar pikiran tentang pemimpin tentang masa depan.

Yang akan saya tekankan adalah mereka muda dan mereka mau berkarya dengan cara yang berbeda menuju Indonesia yang lebih membanggakan. Dan mereka BERANI menembus tirai yang selama ini tabu dan berasa gelap. Kita sebagai pemuda wajib hukumnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dengan cara kita masing-masing, natural dan terencana. Karena mahasiswa adalah pemuda.

Mahasiswa, apa itu mahasiswa? Kita tak perlu bahas panjang lebar mengenai mahasiswa karena sudah pernah kita bahas sebelumnya, dan fungsi dari mahasiswa pun telah kita ketahui bersama yakni sebagai fungsi kontrol, agen perubahan, dan iron stock.



Banyak gaya mahasiswa untuk mengekspresikan dirinya sendiri untuk mempersiapkan dirinya di masa yang akan datang, dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang dia inginkan, bisa, harapkan, lakukan.

                Contohnya ada yang berjuang dengan cara belajar dengan gigih dan menjadi kutu buku, mengejar sampai menjadi seorang ilmuan yang nantinya akan menjadi pakar di bidang ilmu pengetahuan, ada yang lebih menyukai riset, dan mengikuti lomba sebanyak-banyaknya, mencari banyak pengalaman dengan risetnya dan berdiskusi di forum-forum ilmiah, mahasiswa jenis ini yang nantinya akan menjadi penjawab solusi yang diresahkan masyarakat tentang teknologi. Kedua mahasiswa ini hampir sama typenya. Biasanya lebih sering membaca, tampilan fisik sederhana, bersahaja, sangat suka berdiskusi tentang teknologi. Banyak keliling daerah dengan mengikuti lomba-lomba.

Ada yang berjuang di jalan dakwah, mahasiswa ini sering mengikuti kajian-kajian di masjid-masjid, dia sangat intens membaca Al-Qur’an dan membaca buku tentang hadist, lebih menyukai berkunjung ke masjid dari pada tempat lain, namun gampang bergaul dan supel, ketika di media sosial menggunakan bahasa yang sangat santun, tidak jarang mengeluarkan dalil-dalil untuk mengingatkan sesama, dan sangat aktif dalam penyebaran dakwah. Nah mahasiswa ini lah yang akan menjadi pengganti ustadz-ustadz kondang yang harus ada penggantinya. Mahasiswa ini harus dijaga karena dia adalah aset berharga pengontrolan moral bangsa ini di masa yanga akan datang. Ilmu tanpa moral yang baik akan sia-sia.

Ada mahasiswa yang bertype pengabdian masyarakat, dia lebih menggemari langsung terjun ke masyarakat saat dia sudah mendapat ilmu yang baru, dia juga selalu tampil digarda terdepan ketika ada bencana alam menghampiri negeri ini sebagai salah satu relawan, biasanya mahasiswa type ini sering bekerja sama dengan mahasiswa riset karena kolaborasi mereka bisa sangat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan bantuan. Biasanya orangnya itu supel dan gampang bergaul, dia bisa bergaul dengan siapa saja, dari anak kecil sampai manula. Orangnya pekerja keras dan pantang menyerah. Nantinya mahasiswa ini yang akan disiapkan untuk menjadi tim pelaksana setiap kegiatan kerena kerjanya yang tanggap itu. Tak jarang mahasiswa ini juga bisa menjadi koseptor yang baik untuk mengurusi kebutuhan masyarakat dan menjadi jalan penghubung antara ilmuan dan masyarakat.

Ada lagi type mahasiswa yang gemar berorganisasi, salah satunya dari mahasiswa ini akan menjadi pemimpin bangsa , yang akan menahkodai negara ini menuju gerbang kejayaan, dia juga biasanya banyak membaca buku tentang kehidupan, buku-buku tentang politik dan ketata negaraan. Inilah mahasiswa yang di masa yang akan datang menjadi pemerjuang hak-hak masyarakat yang belum mendapatkan haknya. Biasanya mahasiswa type ini mempunyai banyak teman dari berbagai kalangan, sering berdiskusi tentang kenegaraan, berpakaian rapi tapi ada juga yang berpakaian simpelmempunyai gagasan-gagasan yang besar, kadang kala melakukan aksi-aksi di jalan untuk mengkritisi pemerintah sekaligus mengingatkan dan bias dipercaya dalam mengemban amanahnya. Mahasiswa yang sering merelakan waktunya untuk berjuang demi orang lain.

Ada mahasiswa yang lebih ke berwirausaha, tidak sedikit juga mahasiswa jenis ini, ntah karena dia tidak mempunyai dana untuk melanjutkan kuliah, atau karena ingin melatih jiwa kewirausahaan sekaligus untuk menambah uang saku atau biasa juga karena dia sudah membulatkan tekad menjadi seorang yang mandiri secara finansial sejak di bangku kuliah. Nah, mahasiswa ini yang nantinya akan menjadi seorang pengusaha yang membantu negara ini keluar dari krisis yang kian hari kian menggrogoti aset bangsa. Mahasiswa ini akan menjadi investor yang handal, menjadi penolong orang yang membutuhkan pekerjaan. Biasanya dia berdandan rapi, dan meyakinkan, ramah dan sopan. Tak jarang pula membantu sesama.

Ada  lagi mahasiswa yang mempunyai jiwa seni yang tinggi, dia gemar melukis, bersastra, bernyanyi, mendesign, merancang, dan berkreasi, mahasiswa ini sangat kreatif dan imajinatif, banyak trobosan yang dia lalukan ketika membuat sebuah karya seni, mahasiswa ini yang nantinya akan membuat negeri ini lebih berwarna dengan karya-karyanya, mahasiswa ini juga di masa yang akan datang bisa membuat kualitas media kita lebih berbobot agar lebih kreatif dalam penyaimpaiannya. Dan membuat dunia ini lebih terbuka untuk ide-ide yang segar. Biasanya mahasiswa ini sangat sering berkreasi melalui berbagai media. Termasuk juga mahasiswa yang suka dengan pengolahan data melalui media masa, denagn begitu media kita di masa yang akan datang lebih objektif dalam menyampaikan berbagai macam berita.

Dan yang terakhir adalah mahasiswa yang menyukau traveling, atau bahasa lucunya mahasiswa bolang, mahasiswa type ini paling menggemari petualangan dari mencari tempat-tempat yang baru, mengunjungi tempat yang indah nan menawan. Mahasiswa ini mempunyai daya jelajah yang tinggi. Misalnya gunung, pantai, objek wisata, atau galeri-galeri lainnya. Nantinya mahasiswa type ini akan membuat bangsa ini semakin dikenal oleh dunia denga bangsa yang aya akan budaya dan kesenian, mengenalkan etos kerja yang ramah di negeri ini pada bangsa asing sehingga bisa membuat ibu pertiwi tersenyum lebar melihat anak-anaknya berkarya. Nantinya mahasiswa ini juga akan menjadi penghubung dunia luar dengan negara ini. Biasanya mahasiswa ini sangat santun, suka tantangan, mandiri dan easy going. Suka dengan hal yang baru mengemasnya menjadi hal yang menarik.

Apapun type mahasiswa kalian yang jelas apa yang membuat kalian nyaman, lakukanlah! Jangan menunggu nanti-nanti, sekarang sekarang juga, jangan juga memaksakan kamu harus gini, kamu harus gitu, apa yang membuatmu nyaman ya nikmatilah prosesnya. Walaupun sedikit membingungkan Allah pasti memberikan jalan keluar yang indah pada akhir cerita. Bersabarlah karena Allah menyukai hambaNya yang bersabar. Mana type mu? Kalau tdak ada disana bertanyalah dalam hati apakah kamu sudah menjadi mahasiswa yang sesungguhnya?? Yang penting saling menghargai  satu sama lain jangan saling cemooh dibidang yang bukan pasionnya. Apapun itu saling menghargai itu indah kawan. Setuju atau tidak itu pendapat kalian dan ini juga pendapat saya yang penting saling menghargai.



Jangan sampai pertemanan kita terbelah hanya karena kita berbeda type, yang suka sama riset yang tak perlu lah sering menggunjing organisatoris, yang organisatoris juga tak perlu menyalahkan mahasiswa lain yang tidak begitu suka berorganisasi di kampus, mungkin dia mempunyai pandangan yang berbeda tentang masa depan. Yang berjalan di jalan dakwah hendaknya juga mengerti apa yang diinginkan oleh yang lain. Dan yang wirausaha, seni, traveling, akademisi juga sama lah jangan suka main melabeli orang dengan anggapan negatif sebelum bertanya langsung pada orangnya. Berpikirlah dengan bijak kawan.

Indonesia itu satu bukan hanya milik satu orang tapi milik kita bersama. Mari kita bangun bersama, mari kita kuatkan bersama, mari kita bergandengtangan bersama menuju Indonesia yang sejahtera dan berkedilan. Hidup mhasiswa!!!!.


Dari ISH yang sedang menyongsong hari baru disebuah kamar kecil.

Leave a Reply

monggo di komen kalau bagus... tinggalkan jejakmu disini

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Jumlah Tamu

Kuliah

Kuliah
ya lumayan laah

Sudah Mulai Dewasa

Sudah Mulai Dewasa
jamannya masih SMA

Masa Remaja

Masa Remaja
muka polos SMP

Masa Kecil

Masa Kecil
pas TK meeen

Sekedar Info

Fisikawan
Karya ISH. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Join us on Facebook

Mohon Tunggu10 Detik Tutup

- Copyright © Melukis Awan -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -