Posted by : Unknown Jumat, 06 September 2013

Dari Abu Hurairah RA dia berkata : Rosulullah SAW bersabda : “ merupkan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (Hadist Hasan riwayat Tarmidzi dan lainnya).

Apa yang kalian dapatkan sesuai dengan kadar lelahmu, apa yang kalian lakukan semata-mata hanya untuk membuktikan keberadaan dan eksistensi kita sebagai manusia yang juga ingin dianggap manusia oleh manusia maupun penciptanya. –Anonim-



Mahasiswa, kenapa bernama mahasiswa? Padahal yang menggunakan kata “maha” itu biasanya penciptadan yang diagungkan, dan perlu kita ketahui di negara lain mahasiswa dengan siswa sama saja tidak berbeda, mengapa demikian? Mungkin karena masa lalu bangsa ini yang begitu kelam dan hanya sebagian orang saja yang bisa menikmati bangku kuliah *rayap hanya sedikit dari sekian banyaknya warga Indonesia yang dicerahkan. Dan mungkin karena peristiwa 1998 juga kita diberikan sebuah amanat besar yakni tentang fungsi kita sebagai mahasiswa.

Menurut Ridarmin S.Kom, M.Kom, tiga fungsi mahasiswa antara lain :
1. sebagai penyampai kebenaran (agent of social control)
Apa itu penyampai kebenaran? Yakni penyampaian berita yang sebenarnya kepada masyarakat Indonesia tentang isue yang sedang berkembang, sebagai mahasiswa tidak seharusnya kita berdiam diri melihat fenomena ganjil yang ada di masyarakat.

2. sebagai agen perubahan (agent of change)
Mahasiswa adalah agen perubahan, perubahan apa? Perubahan ke arah yang lebih baik lagi sudah sepatutnya mahasiswa menjadi pioner bangsa untung merubah persepsi masyarakat tentang pemikiran yang maju dan berkembang dan keluar dari kotak yang mengurung masyarakat negeri ini dengan kegelapan yang telah lama membelenggu.

3. sebagai generasi penerus masa depan (iron stock)
Mahasiswa adalah masa depan negeri ini, mahasiswa adalah penerus tonggak kepemipinan di negeri ini, mahasiswa adalah orang yang akan dipercaya menahkodai bangsa ini untuk mengarungi sebuah kompetisi dan perubahan zaman sehingga bangsa ini bisa diperhitungkan di dunia Internasional.

Setelah kita sedikit mengungkap takbir trntang mahasiswa mari kita bahas mahasiswa dan spesiesnya, apa saja spesies mahasiswa?

1.       Mahasiswa kupu-kupu
Mahasiswa kupu-kupu atau kita sering sebut sebagai kuliah pulang kuliah pulang  mahasiswa yang kerjanya kuliah trus pulang waktu banyak dilakukan di dalam kost atau rumah, ini juga banyak jenisnya lagi, ada yang kuliah pulang karena ingin belajar di rumah dan mereview tugas kampus, ada mahasiswa jenis ini pulang untuk bisa nongkrong bareng teman-teman jalan-jalan ke mall (kalau yang ini jangan ditiru), atau mungkin dia masih dalam lindungan orang tua (red: anak manja), atau karena dia mengidap suatu penyakit tertentu. Yang jelas mahasiswa jenis ini mungkin paling banyak, dan perkembangbiakannya semakin menjadi-jadi karena keputusan pemerintah tentang pendidikan perguruan tinggi menggunakan sistem SKS dan juga sistem blok. Mungkin salah satu spesies mahasiswa yang paling banyak peminatnya.

2.       Mahasiswa kura-kura
Mahasiswa kura-kura sering kita sebut kuliah rapat kuliah rapat, mahasiswa jenis ini berbeda dengan mahasiswa kupu-kupu karena kebanyakan mahasiswa jenis ini melakukan aktifitasnya di dalam kampus, kadang dia yang perltama kali membuka pintu gerbang kampus dan dia pula yang menutup pintu kampus, mereka mengabdikan dirinya untuk mahasiswa lainterkadang dirinya sendiri tidak terurus(ngenes), ada jenisnya juga nih, ada yang dengan tulus hati mengabdi tanpa pamrih, dan yang aktif karena mencari ketenaran dan eksistensi, ada juga yang karena ikut teman. Mahsiswa ini yang paling mengerti tentang trilogi mahasiswa. Biasanya mahasiswa spesies ini disebut aktivis. Harusnya mahasiswa ini adalah mahasiswa yang paling dilindungi karena mahasiswa ini hampir punah karena keputusan pemerintah tentang pendidikan perguruan tinggi menggunakan sistem SKS dan juga sistem blok. Dan mahasiswa ini yang aktif mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak masuk akal dan menyosialisaikan kebijakan pemerintah yang pro dengan rakyat.

3.       Mahasiswa kuja-kuja
Mahasiswa kuja-kuja sering kita sebut sebagai kuliah kerja kuliah kerja, mahasiswa ini sebenarnya sama dengan kura-kura hanya saja dia mengabdi untuk keberlangsungan hidupnya di kampus dia biasanya membiayai kuliahnya sendiri dengan keringatnya #hebat, banayak yang salah paham dengan mahasiswa spesies ini kerena dia jarang kelihatan di kampus, namun justru mahasiswa ini yang paling hebat karena mampu membiayai hidupnya sendiri. Ada jenisnya juga mahasiswa ini biasanya mahasiswa yan tidak mampu, dan mahasiswa yang orang taunya sudah mapan tapi ingin membiayai sendiri kuliahnya (rekomemded buat calon suami atau istri), mahasiswa ini terbilang spesies yang paling langka namun pasti ada di setiap eranya.




Hidup ini adalah suatu pilihan mahasiswa jenis apapun kalian yang jelas nantinya kalian sebagai pioner bangsa yang akan membuat bangsa ini bersinar. Karena banyak hal yang harus dilakukan selain berdiam diri, manusia akan diakui eksistensinya ketika bermanfaat untuk orang lain bukan hanya dirinya sendiri. Teruslah berkarya untuk Indonesia tercinta!

Leave a Reply

monggo di komen kalau bagus... tinggalkan jejakmu disini

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Jumlah Tamu

Kuliah

Kuliah
ya lumayan laah

Sudah Mulai Dewasa

Sudah Mulai Dewasa
jamannya masih SMA

Masa Remaja

Masa Remaja
muka polos SMP

Masa Kecil

Masa Kecil
pas TK meeen

Sekedar Info

Fisikawan
Karya ISH. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Join us on Facebook

Mohon Tunggu10 Detik Tutup

- Copyright © Melukis Awan -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -